3 tips memilih penyedia komputasi awan

22 Sep

Saat memilih penyedia komputasi awan, perlu dipertimbangkan secara hati-hati mengingat pemindahan dari satu penyedia ke penyedia lain mengandung resiko yang tidak kecil terhadap berjalannya usaha. Berikut beberapa tips memilih penyedia komputasi awan:

  1. Sesuaikan dengan skenario Anda
    Jika Anda ingin menggunakan layanan cloud untuk database, pastikan penyedia Anda memiliki I/O yang cukup untuk aktivitas query dan penulisan ke database. Jika Anda ingin memanfaatkan untuk disaster recovery (persiapan jika ada bencana), maka pastikan mekanisme backup mereka sesuai dengan yang Anda butuhkan. Apapun skenarionya, gunakan patokan itu untuk menilai parameter yang dapat mereka penuhi.
  2. Perhatikan model harga yang diberikan
    Seringkali penyedia cloud memberikan skema harga yang sedikit rumit. Misalnya harga per proses, trafik per Megabita, jumlah query ke database dan parameter-parameter lain yang kadang menjadi aspek biaya tersembunyi. Layanan cloud dari Google, App Engine, pernah mengalami kontraksi karena perubahan skema harga membuatnya menjadi puluhan kali lipat dari harga sebelumnya.
  3. Otomatisasi dan Waktu
    Dalam dunia cloud, banyak hal yang seharusnya bisa dilakukan secara otomatis. Misalnya menambah memory, menambah jumlah storage, membuat instance baru. Pastikan bahwa penyedia Anda menyediakan otomatisasi yang cukup, sehingga dapat dilakukan sendiri tanpa bantuan dari staf teknis penyedia Anda.

Sumber: http://www.skydivo.com/blogs/admindivo/3-tips-memilih-penyedia-komputasi-awan-cloud-computing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: