Komputasi Awan Akan Menjadi Masa Depan Software

18 Oct

Saat diperkenalkan banyak pihak yang skeptis dengan komputasi awan ini. Biasanya isu yang dilontarkan seputar kerahasiaan data dan kebebasan pengguna terhadap aplikasi. Memang mungkin riskan untuk meletakkan data-data kritikal dari sebuah perusahaan ke dalam software cloud. Namun tentu saja banyak sisi bisnis yang bisa dibantu oleh aplikasi, meskipun data yang tersimpan bukanlah benar-benar rahasia perusahaan (misalnya project management / manajemen proyek). Berikut beberapa alasan yang bisa dipertimbangkan kenapa software cloud ini akan menjadi masa depan software secara umum.

  1. Software-As-A-Service atau SAAS, makin lama makin mudah dibeli. Harga semakin lama semakin murah, dengan kompetisi yang cukup besar, memungkinkan kita memilih aplikasi yang paling cocok untuk kebutuhan bisnis kita. Bahkan banyak vendor SAAS yang memberikan ujicoba gratis.
  2. Aplikasi cloud dapat diakses lewat berbagai media. Dengan aplikasi yang tersentral, dan diletakkan di awan, maka aplikasi dapat diakses dari mana saja, dan dari berbagai media. Anda dapat mengaksesnya di rumah dengan PC, Laptop atau smartphone. Kolaborasi jadi lebih mudah, dan batas-batas lokasi menjadi tidak relevan.
  3. Selalu kompatibel satu sama lain. Ini membuat kerjasama jadi lebih mudah. Tidak ada lagi isu software tidak kompatibel dengan hardware tertentu. Tidak ada isu lagi upgrade aplikasi satu-satu. Tidak ada isu lagi sistem operasi apa yang digunakan.
  4. Cloud software hampir 100% dapat diandalkan. Tidak peduli komputer Anda crash atau kantor Anda terkena musibah. Software tersebut tetap ada di sana melayani Anda dan tim Anda. Sofware cloud ada di suatu tempat di awan, di mana di bawahnya terdiri dari banyak server. Satu mesin kena, masih ada backup mesin yang lain.
  5. Total Cost of Ownership rendah. Anda tidak perlu instal atau upgrade. Anda tidak perlu memelihara aplikasi tersebut, memasang anti virus atau mencari versi yang cocok untuk hardware tertentu. Juga tidak perlu membeli lisensi dalam jumlah besar mengingat software berbasis cloud merupakan single instance yang diakses banyak orang. Artinya biaya sewanya sangat rendah.
  6. SAAS bukanlah menjual software sekali lalu selesai. Ia disewakan dengan tarif berulang, bulanan atau tahunan. Ini berarti para vendor penyedia aplikasi SAAS bekerja keras agar aplikasinya dapat terus lebih baik.

Sunber: http://skydivo.com/blogs/admindivo/9-alasan-kenapa-komputasi-awan-akan-menjadi-masa-depan-software

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: