Hasil survey: beberapa pihak masih sulit mendapatkan manfaat penghematan dari komputasi awan

13 Dec

Kemudahan akses data dari perangkat mobile menjadi pertimbangan utama dalam menggunakan solusi berbasis cloud. Alasan ini mengalahkan unsur penghematan yang sebenarnya merupakan kelebihan komputasi awan.

Kesimpulan tersebut ditarik dari hasil sebuah survey yang digelar TNS, sebuah lembaga peneliti pemasaran dari Inggris, dan Computer Sciences Corporation dari Amerika. Survey yang meneliti lebih dari 3.500 pengambil keputusan bidang IT pada 8 negara menyimpulkan bahwa kebanyakan responden lebih menekankan kemudahan mobile dari komputasi awan. Hanya sekitar 17 persen responden yang menggarisbawahi penghematan sebagai alasan utama penggunaan cloud.

Sementara sekitar 82% responden mengakui telah merasakan juga dampak penghematan dari cloud computing namun sebagian besar menyatakan hanya merasakan tingkat penghematan yang minimal. Di Amerika Serikat, 23% perusahaan besar dan 45% UKM, dengan pegawai kurang dari 50 orang, menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak merasakan penghematan. Sementara 35% dari perusahaan disana menyatakan bahwa penghematan yang mereka rasakan hanya kurang dari 20 ribu dollar.

Penelitian ini juga menemukan fakta bahwa sekalipun kebutuhan terhadap kesigapan bisnis dan penghematan adalah faktor penting, namun keduanya tidak menjadi pendorong utama adopsi komputasi awan pada perusahaan.   Disaat bersamaan, pada bidang performa IT secara umum, sekitar 93 persen responden menyatakan dapat menyempurnakan efisiensi dan utilisasi data center mereka. Dan sekitar 80% merasakan dampak positif tersebut dalam periode enam bulan setelah menggunakan cloud.

Beberapa temuan penting lainnya dari hasil survey ini adalah:

  • 14% melakukan pengurangan ukuran departemen IT mereka setelah menggunakan cloud
  • 20% perusahaan merekrut lebih banyak ahli komputasi awan
  • 65% melakukan kontrak berlangganan cloud lebih dari satu tahun
  • 48% lembaga pemerintah di Amerika Serikat memindahkan setidaknya satu alur kerja mereka ke-cloud, sejalan dengan inisiatif “cloud-first” pemerintah AS.
  • 47% perusahaan menyatakan telah dapat merasakan penghematan biaya operasional sejak pindah ke cloud.

 

Jeffrey Schwartz. Editor redmondmag.com

 

Sumber: http://redmondmag.com/blogs/the-schwartz-cloud-report/2011/12/survey-finds-cost-savings-from-cloud-elusive-for-some.aspx

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: