Komputasi awan dijanjikan bisa menekan biaya infrastruktur TI

4 Sep

Cloud computing bukanlah hal baru dan tak hanya populer di negara besar. Intel pun meyakini jika teknologi ini juga akan banyak diadopsi negara-negara berkembang.

Dalam cara Intel Apac Cloud Summit 2012 yang digelar di Conrad Hotel, Bangkok, Intel mengatakan bahwa di pasar berkembang dengan kondisi yang memungkinkan orang-orang membangun data center baru, infrastruktur baru, tanpa terkendala masalah hukum yang besar, mereka akan cenderung membangun infrastruktur yang paling efisien di mana cloud computing menjanjikan hal tersebut.

Hal itu diyakini juga bisa terjadi di Indonesia, di mana untuk urusan mobile computing, pertumbuhannya di negara kita sangat signifikan.

“Indonesia memiliki mobile computing yang sangat kuat, banyak sekali piranti yang terhubung dengan internet. Tak ayal, ini menimbulkan ‘sakit kepala’ bagi para operator. Namun tidak jika mereka memiliki infrastruktur yang efisien,” demikian dikatakan Jason Fedder, General Manager Asia Pasific and China, Data Center Product Division Intel di sela-sela acara.

“Jadi saya pikir, di beberapa kasus di negara berkembang, cloud computing akan diadopsi,” tambahnya.

Komputasi awan dijanjikan bisa menekan biaya infrastruktur TI. Tak hanya bagi perusahaan besar, teknologi komputasi awan ini diklaim juga bisa diterapkan oleh usaha kecil menengah (UKM).

“Bagi UKM dengan kebutuhan yang lebih sederhana, sebaiknya langsung berpindah ke public cloud karena akan lebih murah dibandingkan saat harus membangun infrastruktur TI sendiri,” tambah Fedder lebih lanjut.

Biaya untuk cloud sendiri dikatakan Fedder bervariasi, tergantung dari banyak faktor. Adapun beberapa faktor yang dimaksud antara lain tentang berapa banyak orang yang ingin dilayani, apakah sang konsumen menginginkan infrastruktur sendiri atau mempercayakannya ke pihak lain.

Kemudian kebutuhan storage dan aplikasi yang diinginkan turut mempengaruhi ongkos yang harus digelontorkan guna mengadopsi teknologi ini.

Sumber: http://inet.detik.com/read/2012/08/29/150448/2002209/319/komputasi-awan-tak-cuma-untuk-perusahaan-besar?id771108bcj

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: